Latest News

Label

Loading

Macam Macam Teknik Dasar Renang Untuk Pemula Sesuai Pakar Perenang Profesional



Teknik dasar dalam renang – Renang adalah salah satu olahraga yang paling di sukai oleh para para atlit atau olahragawan,renang juga termasuk dalam katagori hiburan untuk yang bukan termasuk atlit atau olahragawan, renang biasa dijadikan orang semagai kegiatan untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Sebelum kita berlatih dalam sebuah teknik renang, ada beberapa teknik - teknik dasar yang perlu kita pahami dan kita kuasai.inilah hal yang sangat membantu dan mempermudah kita semua dalam mempelajari sebuah gaya demi gaya dalam berenang . Ada 3 teknik dasar yang perlu kalian pahami dan kalian ketahui yaitu :  Pernafasan, Meluncur dan Mengambang. Oke sob Mari kita bahas satu per satu.

1.
Pernafasan

hal yang palngg penting dan keberhasilan dalam berenang ia lah kita dapat mengatur nafas dengan sebai mungkin. Pertama tegak lah dipinggir kolam dengan rendah dan kepala kalian diusahakan tetap dipermukaan air.lalu Tarik nafas melalui mulut dan tahan beberapa saat saja dan kemudian kalian masukkan kepala kalian ke dalam air lalu hembuskan nafas kalian melalui pernafasan hidung.kalian harus Lakukan latihan ini secara berlahan lahan sebanyak 10 sampai 20 kali setiap kalian selesai melakukan peregangan atau latihan. Ulangi lah latihan tersebut sehingga kalian menemukan irama kalian sendiri.

2. Meluncur

gerakan tubuh secara horizontal dibawah permukaan air disebut Meluncur.  Pertama tama turunlah  ke dalam kolam yang surut atau dangkal dan membelakangi dinding kolam. Tetakkan atau Tempelkan salah satu telapak kaki kalian (kanan atauun kiri) di bagian dinding kolam dengan jari-jari kaki mengarah ke bawah sebagai tolakan untuk meluncur ke dalam kolam. Dorong lah badan kalian melalui tolakan kaki tersebut dan mulailah  meluncurlah dengan tangan sejajar di depan.dan Kepala kalian diusahakan masuk dalam air sehingga kuping kalian sejajar dengan lengan tangan. Lakungan lah gerakan ini sebanyak 10 sampai 20 kali untuk menemukan keseimbangan tubuh kalian.

3. Mengapung/Mengambang

mengapung atau Mengambang adalah gerakan badan melayang dibawah permukaan air dan kepala kalian di atas permukaan air dengan bantuan dorongan tangan dan kaki sebagai penyeimbang nya. mengapung atau mengambang ada 2 macam yaitu :

-   Mengambang Terlentang
                            
Mengambang terlentang adalah yang dilakukan dengan cara tarik ke belakang sampai dengan kuping yang terendam di dalam air. Lalu Regangkan kedua tangan bentuk siku-siku dan pergelangan tangan tetap lurus dan rileks lalu Tekan telapak tangan bersamaan atau bergantian ke bawah tujuannya agar tubuh kalian tetap melayang di atas permukaan air. Untuk gerakan kaki  nya bentuk lah menyerupai huruf “V” dengan gerakan yang sama seperti gerakan tangan.

-   Mengambang Tegak Lurus Secara Vertikal 

Mengambang tegak lurus secara vertical adalah yang paling lazim digunakan yaitu gerakan tubuh kalian dengan posisi badan tegak lurus di bawah permukaan air lalu kepala kalia tetap berada diatas permukaan air sebatas dagu, sedangkan untuk gerakan tangan dan kaki gerakan lah untuk keseimbangan, agar tubuh kalian tetap melayang dipermukaan air.dan untuk gerakan tangan sedikit di sama kan dengan gerakan mengambang terlentang lalu regangkan kedua tangan anda dengan membentuk siku-siku lalu pergelangan kalian tetap lurus dan rileks. Dayung kan tangan secara vertical bergantian atau bersamaan.Sedangkan untuk gerakan kaki nya beri jarak antara kedua kaki dan dorong menggunakan telapak kaki ke arah bawah secara bergantian. Lakukan lah latihan ini di kolam yang cukup  dalam atau tepian kolam dengan besi pegaman sebagai alat untuk pegangan. Latihan ini lah yang dapat menambah keseimbangan dan keberanian kalian untuk tahap tahap berikutnya. Selamat Mencoba,

Demikianlah yang dapat sama sampaikan lebih dan kurangnya saya minta maaf, semoga bermanfaat untuk kita semua.


0 Response to "Macam Macam Teknik Dasar Renang Untuk Pemula Sesuai Pakar Perenang Profesional"