Latest News

Label

Loading

Sejarah Olahraga Sepak Takraw


Bagi kalian yang gemar atau hobi dengan olahraga sepak bola pasti tidak asing lagi mendengar jenis olahraga yang permainan sepak takraw. Olahraga yang satu ini merupakan salah satu jenis olahraga yang merupakan alat berupa bola. Dalam permainan sepakbola takraw menggunakan dua kombinasi olahraga antara lain perpaduan antara bola volly dan sepak bola. Para pemain dilarang untuk menyentuh bla dengan tangan, dan menjaga bola agak tidak menyentuh lantai atau tanah. Namun selain mempelajari teknik dan pengertian dasar dari sepak takraw. Sejarah dari sepak takraw juga perlu kalian ketahui agar dapat mengenal asal usul dari olahraga sepak takraw itu sendiri.
Sepak Takraw

Diantaranya bukti dari sejarah sepak takraw telah menunjukan permainan ini telah banyak di sekitar abad ke-15 silam. Pada awal mulanya permainan ini dimainkan oleh kesultanan malaka.hal ini tercantum di dalam teks sejarah Melayu lebih di kenal sebutan ‘’ Sejarah Melayu ‘’ di dalam buku sejarah melayu menceritakan secara rinci tentang adanya Raja Muhammad bersamaan dengan putranya yang bernama Sultan, Mansur Shah yang tidak sengaja tubuhnya tersenruh bola rotan dari seorang tun besar, antara lain putra tun perak dalam sebuah permainan sepak raga.
Bola tersebut mengenai dapat pada tutup kepala Raja Muhammad, sehingga membuatnya terjatuh ke atas tanah. Hal ini membuat sang raja kian memuncak amarahnya kemudian segera menikam dan membunuh Tun Besar. Kejadian ini membuat beberapa saudara dari Tun Besar ingin membalas dendam dan segera membunuh sang Raja Muhammad. Peristiwa ini berhasil digagalkan oleh Tun Perak dengan menahan saudara Tun Besar. Senlain itu juga mengatakan bahwa Tun Perak tidak akan mengagkat Raja Muhammad sebagai pewaris sultan. Oleh karena itu, kejadian ini membuat Sultan Mansyur Shah segera memerintahkan anak nya untuk meninggalkan Malaka dan mengangkat Raja sebagai pengusaha besar di Pahang.
Sejarah permainan Sepak Takraw tidak hanya terjadi di malaka. Perkembangan sepak takraw juga menyebar ke negara Bangkok. Dimulai di Kota Wat Phra Kaeo terdapat sebuah bangunan yang sejak lama di dirikan pada tahun 1785 dengan mengambarkan Dewa hindu.
Sekor Hanuman tengah asik bermain Sepak Takraw di cincin bersama pasukan kera lainnya. Selain itu juga telah tercatat di dalam sebuah sejarah yang menyebutkan permulaan awal dari sepak takraw selama masa pemerintahan Raja Naresuan ‘’ pada tahun 1590 hingga tahun 1605 ‘’ dari seorang Ayutthaya. Permainan ini tetap dalam sebuah bentuk lingkaran selama Ratusan tahun Silam.Perkembangan sepak takraw pada versi modern telah di mulai di negara Thailand sekitar pada awal tahun  1740 – an silam.
Saat menginjak tahun 1866 sebuah organisari yang didirikan di Malaysia yang bernama Asosiasi Olahraga Malaysia telah mencantumkan sebuah aturan pertama yang dibuat untuk pertandingan sepak takraw. Perkembangan pun terus berlanjut empat tahun kemudian Asosiasi ini mampu memperkenalkan sebuah pertandingan dengan menggunakan gaya olahraga volly yag pertama kali di tampulkan. Dalam beberapa tahun kemudian sebuah pertandingan sepak takraw mulai dimasukan ke dalam pendidikan dengan beberapa kurikulum yang ada di sekolah – sekolah yang ada di malaysia.
Tidak hanya berhenti di negara Malaysia, sepak takraw teerus mengalami perkembangan pada tahun 1940 – an, sebuah versi modern dari sepak takraw mulai tersebagai di daerah Asia Tenggara di ikuti dengan sebuah aturan baru yang formal. Olahraga ini kemudian secara resmi dikenal kalangan masyarakat dengan ‘’ sepak takraw ‘’ . dua kalimat yang sengaja diambil dri bahasa Melayu sepak yang berarti ’’menendang’’ sedangkan takraw merupakan kata Thai untuk sebuah bola yang di buat dari anyaman. Olrh karena itu pengertian dari sepak takraw adalah menendang bola. Pemilihan nama ini di buat untuk olahraga yang pada dasarnya merupakan sebuah kesepakatan yang antara kedua negara lokomotif sepak takraw yaitu Negara Malaysia dan negara Thailand.
Perkembangan Sepak Takraw

Sebelum kita membahas mengenai aturan dalam permainan dan teknik dasar dalam sepak takraw,berikut kita lihat perkembangan sejarah sepak takraw baik di indonesia maupun di dunia Internasional.


0 Response to "Sejarah Olahraga Sepak Takraw"